Kamis, 31 Januari 2019

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Dirumah

Cara Mengatasi Nyeri Haid - Nyeri haid merupakan salah satu kondisi yang dapat terjadi pada wanita pada saat sedang menstruasi, hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dan seringkali sangat mengganggu. Untuk mengatasi nyeri haid, sebenarnya ada cara yang bisa anda lakukan tanpa harus menggunakan obat. Apa saja itu? untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah ini.

Apakah anda sering merasakan nyeri hai yang sangat hebat? jika anda sering mengalami hal tersebut sebaiknya harus lebih waspada apalagi jika nyeri haid lebih lama dan disertai dengan keluarnya darah berwarna hitam pekat, kondisi ini bisa saja menandakan masalah pada tubuh seperti penyakit miom. Selain ditandai dengan haid yang sakit, tanda yang lain pada miom juga yaitu sering buang air kecil dan nyeri perut atau sakit pada bagian punggung bawah.

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat.

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat 

Pada saat nyeri haid tentunya kita akan melakukan segala cara untuk menghilangkan nyeri tersebut termasuk konsumsi obat, namun tahukah anda selain dengan pengobatan medis untuk mengatasi neyri haid anda juga bisa melakukannya dengan mudah sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi haid dirumah :
  1. Kompres air hangat.
    Untuk mengatasi nyeri haid cobalah untuk kompres perut dengan menggunakan botol yang berisi air hangat. Panas yang terdapat dalam botol bisa membantu merelaksasikan otot uterus yang berkontraksi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Selain dengan menggunakan kompres hangat anda juga bisa mencoba mengurangi nyeri hai dengan cara mandi dengan berendam air hangat untuk merelaksasikan seluruh bagian tubuh.
  2. Minum teh.
    Untuk mengurangi rasa sakit pada saat nyeri haid anda bisa mencoba minum teh chamomile, dalam teh chamomile terdapat senyawa antiinflamasi yang dapat mengurangi produksi prostaglandin serta mengurangi rasa sakit.
  3. Melakukan aktivitas fisik.
    Saat anda sedang menstruasi biasanya anda hanya ingin beristirahat dan bermalas-malasan ditempat tidur, namun untuk mengurangi rasa sakit anda harus mencoba olahraga seperti jogging ringan. Dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan rasa sakit.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D.
    Dengan mengkonsumsi asupan vitamin D yang cukup hal ini akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi hal ini karena vitamin D memiliki kandungan antiinflamasi. Contoh makanan yang mengandung vitamin D yaitu seperti ikan, kuning telur, dan susu sapi.
  5. Hindari konsumsi makan dan minum yang mengandung kafein.
    Makanan yang mengandung kafein dapat menyebabkan perut kembung dan resistensi air sehingga hal ini akan membuat kondisi nyeri haid bertambah parah. Contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein yang harus anda hindari yaitu kopi, soda, dan cokelat.
Namun jika kondisi nyeri haid disebabkan oleh penyakit miom anda tidak boleh menunda untuk melakukan pengobatan karena untuk mencegah pembesaran miom. Untuk mengetahui pengobatan miom yang aman dan cepat anda bisa membaca artikel kami tentang : CARA MENGOBATI MIOM.

Sekian & Terimakasih.

Tidak ada komentar: