Kamis, 10 Januari 2019

Inilah Cara Pencegahan Penyakit Glaukoma

Cara Pencegahan Glaukoma - Suatu penyakit tidak akan masuk begitu saja kepada tubuh, namun tentu ada penyebab yang menjadi faktor utama, pada penyakit glaukoma hal yang terpenting adalah bagaimana seseorang dapat mencegah kebutaan. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit glaukoma? supaya lebih jelas, mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting dan berfungsi sebagai indra penglihatan. Namun, bagaimana jika terdapat masalah atau kerusakan pada mata seperti glaukoma. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menakutkan karena dapat berakibat fatal, jika kondisi ini tidak segera dilakukan pengobatan glaukoma maka akan menyebabkan kebutaan secara permanen.

Ketika mereka terdiagnosis menderita glaukoma maka tidak jarang dari sebagian orang akan mengalami depresi. Gejala glaukoma biasanya tidak akan muncul pada awal namun dapat berkembang selama bertahun-tahun, dengan tingkat keparahan yang berjalan secara lambat maupun cepat. Gejala yang sering terjadi pada penderita glaukoma yaitu adanya adanya penglihatan kabur, mata terasa nyeri dan terdapat kerutan pada penglihatan seperti terowongan.

Jika anda mempunyai ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya anda harus lebih waspada karena penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia dan merupakan penyakit pencuri penglihatan secara diam-diam. Setelah mengetahui tentang dampak dari glaukoma tentunya anda tidak ingin penyakit ini menyerang anda bukan? untuk itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya :
  1. Melindungi dan menjaga mata.
    Karena mata mempunyai fungsi yang sangat penting maka sebaiknya anda harus menjaga mata dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada mata yang dapat menimbulkan penyakit glaukoma.
  2. Pemeriksaan mata secara teratur.
    Melakukan pemeriksaan secara teratur merupakan hal yang terpenting bagi semua orang, meskipun glaukoma sangat rentan terjadi pada usia 40 tahun namun anda juga perlu mengawasi gejala yang mungkin muncul. 
  3. Mengontrol kadar gula darah.
    Bagi anda yang mempunyai penyakit yang berhubungan dengan kadar gula darah seperti diabetes dan darah tinggi sebaiknya anda harus lebih waspada karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang dapat memicu terjadinya glaukoma. 
  4. Olahraga secara teratur.
    Selain dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga juga bisa membantu anda untuk mencegah berbagai penyakit yang akan masuk kedalam tubuh. Melakukan aktivitas olahraga dapat membantu anda untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit glaukoma.
  5. Konsumsi makanan yang dapat menyehatkan mata.
    Berbagai jenis kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata sangat penting untuk menghindari penyakit. Contoh makanan yang dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya glaukoma yaitu bayam, wortel, alpukat, brokoli dan salmon.
  6. Hindari mata yang terlalu lelah.
    Ketika mata lelah maka akan maka akan mengakibatkan tekanan pada lensa yang akan berdampak pada glaukoma. Untuk menghindari terjadinya kelelahan pada mata sebaiknya usahakan untuk membersihkan mata supaya membantu mata agar tetap nyaman.
Meski glaukoma merupakan penyakit yang berbahaya namun anda bisa mencegahnya dari sekarang. Nah, bagi anda yang sudah memiliki masalah atau gangguan pada mata seperti glaukoma anda bisa mengobatinya dengan menggunakan agaricpro. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel selanjutnya tentang : Cara mengobati glaukoma.

Tidak ada komentar: