Jumat, 25 Januari 2019

Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja

Penyebab Kista Ovarium - Salah satu penyakit yang dapat menyerang dan banyak terjadi pada perempuan yaitu kista ovarium. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja tidak hanya dapat terjadi pada wanita dewasa, kista juga bisa terjadi pada remaja. Apa penyebab dari kista pada remaja? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Kista merupakan suatu kondisi terbentuknya benjolan yang didalamnya terdapat gas, cairan, dengan ukuran yang beragam. Kista termasuk tomor jinak yang tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, namun jika hal ini dibiarkan terus menerus dalam keadaan jangka waktu yang sangat lama hal ini akan berakibat pada kondisi yang lebih serius dan harus segera diatasi termasuk pengobatan kista ovarium yang tepat.

4 Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja.

Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja

Penyakit kista biasanya jarang menimbulkan gejala atau bahkan sama sekali tidak menimbulkan gejala, hal inilah yang menjadi penyebab peningkatan kista pada wanita. Untuk mengetahui apa saja penyebab dari kista ovarium berikut adalah penjelasannya :
  1. Faktor genetik.
    Faktor keturunan atau genetik merupakan salah satu penyebab dari kista, jika anda mempunyai orangtua atau saudara yang memiliki riwayat penyakit kista maka anda akan memiliki potensi lebih besar untuk terkena kista apalagi jika anda memiliki pola hidup dan pola makan yang kurang sehat.
  2. Siklus menstruasi yang tidak teratur.
    Menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu pemicu timbulnya kista pada rahim, menstruasi tidak teratur dapat disebabkan karena stress, kurang olahraga dan berat badan. Kista biasanya akan menyerang lebih mudah terhadap seorang remaja perempuan dengan periode menstruasi pertama pada usia dibawah 11 tahun.
  3. Kurang mengkonsumsi makanan yang berserat.
    Makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk tubuh karena bisa mengikat racun dalam tubuh. Namun sebagian besar remaja sepertinya tidak tertarik mengkonsumsi makanan yang mengandung serat hal ini karena disebabkan banyaknya makanan cepat saji atau makanan yang sedang musim.
  4. Kurang olahraga.
    Akibat banyaknya gadget dan banyaknya aktivitas sehingga hal ini akan menyebabkan anda menjadi malas untuk bergerak seperti olahraga. Padahal olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah masuknya berbagai penyakit berbahaya. Akibat dari penimbunan lemak pada tubuh yang diakibatkan karena tidak berolahraga hal ini penyebab kista yang jarang disadari.
Demikian penjelasan tentang penyebab kista ovarium pada remaja semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda untuk menjauhi penyebab kista.

Tidak ada komentar: