Rabu, 23 Januari 2019

Makanan yang Baik untuk Penderita Penyakit Tiroid

Makanan Untuk Penderita Tiroid - Tidak hanya dengan pola hidup yang sehat untuk membantu penyembuhan lebih cepat pada penderita penyakit tiroid juga dianjurkan untuk bisa memilih dan menjaga makanan baik agar tidak menimbulkan gejala yang akan semakin parah. Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan tiroid? untuk lebih jelas mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya. Tiroid yang bermasalah biasanya akan menimbulkan gejala yang tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Akibat dari kelenjar tiroid yang mengalami gangguan hal ini akan berdampak negatif pada kondisi tubuh. Untuk mencegah terjadinya gejala yang lebih serius salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengatur pola makan yang tepat. Untuk mengetahui apa saja makanan yang baik untuk penyakit tiroid berikut adalah penjelasannya.

4 Makanan Untuk Penyembuhan Penyakit Tiroid.

Gambar terkait

  1. Makanan yang mengandung vitamin D.
    Orang yang memiliki tingkat vitamin D yang sangat rendah akan sangat rentang terkena penyakit hipertiroid. Selain dapat diguanakan sebagai penyakit tiroid, konsumsi vitamin D juga bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan penyakit kanker tiroid. Hormon aktif vitamin D yang bernama calcitriol bisa mengurangi perkembangan sel kanker dengan meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, serta mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker. Contoh makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan salmon, yogurt, ikan tuna, dan telur.
  2. Makanan yang mengandung zat besi.
    Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi menjadi hal yang sangat baik untuk penderita tiroid, zat besi bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit. Contoh makanan yang mengandung zat besi antara lain hati sapi, bayam, tiram, kacang-kacangan, sereal, dan biji-bijian.
  3. Makanan yang mengandung kalsium.
    Makanan yang mengandung kalsium tinggi dipercaya dapat membantu mengatasi dan melawan penyakit tiroid. Untuk itu bagi anda penderita penyakit tiroid pastikan anda selalu memasukan makanan sumber kalsium kedalam menu makan harian agar tetap sehat. Contoh makanan yang mengandung kalsium antara lain, tahu, susu kedelai, almond, biji wijen, dan brokoli.
  4. Makanan yang mengandung antioksidan.
    Untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh salah satu contohnya yaitu penyakit tiroid anda harus mengkonsumsi makanan kaya antioksidan. Contoh makanan yang mengandung kaya antioksidan yaitu vitamin c, vitamin e, dan beta karoten.
Penyakit tiroid adalah salah satu penyakit yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, jika penyakit ini terus bertahan lama dalam tubuh akan menyebabkan resiko perkembangan kanker tiroid. Untuk melakukan pengobatan kanker tiroid anda harus melakukannya dengan tepat karena jika tidak kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Demikian penjelasan tentang makanan untuk penyakit tiroid semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tidak ada komentar: