Minggu, 11 November 2018

Mencegah Anemia Pada Bayi

Mencegah Anemia Pada Bayi  - Anemia pada bayi biasanya sering terjadi pada usia sebelum satu tahun itu terjadi karena bayi membutuhkan tambahan makanan untuk dapat tumbuh.

Ketika bayi tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup maka hal tersebut akan berpengaruh pada masalah kesehatan dan kemungkinan besar terkena anemia. Fungsi gizi dan nutrisi yang cukup akan berpengaruh pada tingkah laku dan pertumbuhan bayi tersebut.

Untuk melakukan penanganan pada bayi yang terkena anemia sebaiknya orangtua melakukan pengobatan yang dapat di lakukan dengan cara pengobatan alternatif anemia supaya tidak menimbulkan efek samping pada sang bayi.

Mencegah Anemia Pada Bayi


Gambar terkait 

Sangat penting untuk meningkatkan zat besi, zat besi dapat di serap oleh bayi secara optimal ketika perut kosong. Beberapa gejala yang menunjukan anemia pada bayi yaitu bayi menjadi suka rewel, sulit untuk makan, dan perubahan pada berat badan.  


Untuk mencegah anemia pada bayi, anda dapat melakukan berbagai cara diantaranya yaitu sebagai berikut :
  1. Memberikan gula merah.
    Gula merah merupakan salah satu makanan terbaik yang bisa di berikan pada bayi supaya tidak terkena anemia. 
  2. Memberikan Asi Ekslusif.
    Supaya mencegah anemia pada bayi sebaiknya orangtua memberikan Asi Ekslusif minimal sampai bayi berumur 6 bulan. Meski kandungan asi sangat rendah, tetapi tingkat penyerapan lebih tinggi dan asi juga merupakan makanan terbaik untuk sang bayi
  3. Memberikan makanan padat.
    Setelah bayi mengenal makanan padat sebaiknya beri anak makanan sereal yang mengandung zat besi. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan makanan seperti nasi, roti, sayuran hijau dan kacang kacangan yang mengandung kaya zat besi.
  4. Sertakan buah kaya Vitamin C.
    Memberikan buah - buahan dan sayuran yang kaya Vitamin c kepada sang bayi, seperti kiwi, melon, bayam yang dapat membantu menyerap zat besi yang tepat untuk tubuhnya.
Selain dengan cara - cara diatas untuk mencegah anemia sebaiknya juga orangtua harus memperhatikan bayi mereka supaya dapat menilai apakah bayi mereka mengalami anemia atau tidak. 

Sekian & Terimakasih.

Tidak ada komentar: